CALview adalah fitur khusus dari DVR CALION untuk memudahkan setting serta memudahkan memantau tampilan DVR CALION melalui jaringan internet.
Dengan mengaktifkan fitur CALview, DVR CALION akan bisa diakses baik dengan menggunakan komputer/laptop (yang bersistem operasi Windows) maupun smartphone/tablet (yang bersistem operasi Android atau iOS) bila kedua sisi terkoneksi pada jaringan internet. Dengan fitur ini, pemilik DVR CALION yang memiliki IP public dynamic tidak perlu mendaftar ke Dynamic DNS Server (seperti www.dyn.com, www.no-ip.com, dsb) untuk bisa melihat tampilan DVR yang dimilikinya dari internet. Untuk type DVR CALION tertentu yang memiliki fitur P2P (yaitu yang memiliki versi firmware 1.8.2 ke atas), tampilan DVR CALION akan tetap bisa dipantau walaupun jaringan internet yang dimiliki tidak mempunyai IP Public.
Bila dikoneksikan pada jaringan yang memiliki IP Public, CALview mendukung fitur uPnP sehingga bisa mengeliminasi kebutuhan setting port forwarding di sisi modem bila modem yang digunakan sudah mendukung fungsi tersebut. Untuk modem yang mendukung fitur uPnP, cukup aktifkan fitur tersebut agar DVR melakukan setting yang diperlukan secara otomatis pada modem. Sedangkan bagi yang belum mendukung fitur uPnP, tentu harus dilakukan port forwarding secara manual terhadap port-port dari DVR terlebih dahulu. Hal ini bisa diabaikan bila DVR sudah mendukung fitur P2P.
Praktis !
Aktifkan kemudian Akses CCTV Anda melalui Internet
Tanpa memerlukan pendaftaran DDNS

Cara mengaktifkan CALview pada DVR CALION sangatlah mudah :

1. Lakukan setting bagian Network/LAN di DVR CALION dengan benar dan menghubungkannya ke jaringan yang terhubung ke internet.
2. Beri tanda centang pada fungsi “CALview” di menu Network/LAN di DVR tersebut lalu tekan Ok dan lakukan reboot DVR.
3. Jika tidak ada kesalahan setting:
– Untuk DVR dengan versi firmware dibawah 2.0.0, di menu Network akan muncul nomor CALview dari DVR tersebut.
– Untuk DVR dengan versi firmware 2.0.0 ke atas, di samping nomor Calview pada menu Network akan tertulis “Online”.
Ingat/catatlah nomor tersebut karena nomor tersebut akan diperlukan nantinya untuk mengakses DVR tersebut dari internet.
4. Khusus untuk DVR CALION dengan firmware dibawah 1.8.2 (DVR dengan versi firmware 1.8.2 keatas bisa mengabaikan langkah terakhir ini):
– Untuk DVR seri 3xxxM/MH/FD/DE/HD dan 20xxH/HC : Agar bisa dilihat dari Internet, aktifkanlah fitur uPnP pada modem/router.
– Untuk DVR seri 30xx : Agar bisa dilihat dari Internet, aktifkanlah fitur uPnP pada modem/router yang mendukung. Atau lakukan port forwarding pada modem/router yang tidak mendukung fitur uPnP.

Cara mengakses DVR Calion menggunakan fitur CALview:

Bila akses menggunakan komputer/laptop :
1. Buka browser IE dan masuk ke website CALview yaitu http://www.calview.co
2. Masukkan nomer CALview ID, user name dan password dari DVR yang ingin dilihat lalu klik “Login”. (jangan lupa menginstall Active-X Control dan software lainnya bila diminta).
3. Klik nomor salah satu channel untuk melihat tampilan channel tersebut atau klik “Open All”/“Connect ALL” untuk melihat semua channel.
atau
1. Install software CALview CMS (download: CALview.exe atau CALview.zip)pada komputer/laptop bersistem operasi Windows 7 atau yang lebih tinggi lalu jalankan software tsb.
2. Pilih menu “Settings” –> “Device manage” lalu klik “Add Device”. Setelah itu pilih “By ESee ID” dan kemudian masukkan device name, ID, user name dan password, dll sesuai dengan setting perangkat DVR yang hendak dikoneksikan lalu klik “Confirm”.
3. Untuk melihat tampilan DVR tersebut, klik menu “Preview” lalu dobel klik pada nama perangkat DVR yang sudah dimasukkan dan ingin dilihat bila ingin melihat tampilan semua kanalnya atau dobel klik pada salah satu kanalnya bila hanya ingin melihat tampilan kanal tsb saja.
(Video Tutorial) Dasar Instalasi dan Setting Software CALview CMS:

Bila akses menggunakan smartphone/tablet :
1. Install terlebih dahulu software CALview dari Apple Appstore atau Google Playstore.
2. Jalankan software, lalu klik “Trial” atau bisa juga klik “Login” (harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik “Register”).
3. Tambahkan perangkat DVR pada software(bila belum pernah dimasukkan sebelumnya) dengan mengklik icon “+” dan pilih “Add device by ID” lalu mengisikan nama perangkat, ID CALview, username, password, dll pada tempat yang disediakan, setelah itu klik “Submit”.
4. Setelah keluar di menu utama, klik nama perangkat DVR untuk masuk ke layar tampilan DVR.